Tips Membuat Vapor Rub Tanpa Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya

Tips Membuat Vapor Rub Tanpa Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya

45
memuat...

Harianpost.co.idVapor rub biasanya digunakan di dada, punggung dan tenggorokan untuk membantu meredakan gangguan pernafasan, batuk, flu, dingin dan nyeri yang biasanya di terjadi di otot atau persendian. Vapor rub banyak dijual dipasaran namun bahaya dari produk ini adalah ketika dibuat dari bahan beracun seperti kamper atau kapur barus yang tentu saja berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jika kita mengalami gangguan pernafasan pada saat terserang flu, mengoleskan vapor rub akan membuat hidung tidak lagi tersumbat dan terasa lebih baik. Hal ini dikarenakan vapor rub mengandung mentol. Bau mentol dapat merangsang otak untuk menjadi lebih rileks. Selain mentol, minyak esensial lain seperti peppermint dan eucalyptus juga dapat menghilangkan rasa sakit, mengurangi demam dan sakit kepala, mual, meredakan gejala flu, dan masih banyak lagi. Untuk menghindari kandungan bahan kimia berbahaya pada vapor rub yang dapat mengganggu kesehatan anda, anda bisa membuat vapor rub sendiri dengan menggunakan bahan-bahan ini.

  • ¼ cup minyak zaitun
  • ½ cup minyak kelapa
  • ¼ cup bee wax
  • 20 tetes minyak esensial peppermint
  • 20 tetes minyak esensial eucalyptus

Untuk membuat vapor rub sendiri di rumah, caranya sangat sederhana yakni cukup dengan campurkan minyak zaitun, minyak kelapa dan bee wax ke dalam mangkuk kaca. Kemudian lelehkan bahan-bahan tersebut dengan cara meletakkan mangkuk diatas air panas atau dengan menggunakan double boiler dengan api sedang. Setelah semua bahan meleleh dan tercampur rata, tunggu hingga dingin dan selanjutnya tambahkan minyak esensial peppermint dan eucalyptus. Tuang vapor rub ke dalam jar atau wadah penyimpanan. Vapor rub siap untuk digunakan. Happy trying!

Komentar

Loading...