Cara Membuat Lotion dengan Menggunakan Minyak Esensial Peppermint dan Lavender

Cara Membuat Lotion dengan Menggunakan Minyak Esensial Peppermint dan Lavender

46
memuat...

Harianpost.co.idTahukah anda jika hampir semua yang anda letakkan di kulit dapat menembus dan masuk ke aliran darah? Salah satu bahan kimia berbahaya yang biasa terkandung dalam produk kecantikan kulit adalah parabens, karena dapat dengan cepat membuat kulit menjadi lebih bersih. Namun sering kali kita lupa tentang residu dari bahan kimia yang terkumpul dalam tubuh.

Bahan-bahan kimia berbahaya banyak terkandung dalam produk untuk kulit. Bahan kimia tersebut memiliki resiko dapat menembus ke dalam kulit dan menuju ke aliran darah sehingga akan tersirkulasi ke seluruh tubuh. Jika hal ini terjadi, maka akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan mulai dari peradangan hingga kanker kulit. Salah satu produk untuk menjaga kesehatan kulit yang paling sering digunakan adalah lotion. Lotion yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang tepat dapat mencegah tercegah terjadinya penuaan. Sebaliknya, jika lotion dibuat dari bahan kimia berbahaya maka justru akan menimbulkan terjadinya gangguan kesehatan pada kulit dan organ tubuh lainnya.

Sebenarnya, anda bisa membuat lotion anda sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan alami diantaranya:

  • ¼ cup minyak zaitun
  • 3 sdm minyak kelapa
  • 1 sdm bee wax
  • 1 sdm shea butter
  • 10 tetes minyak esensial lavender
  • 5 tetes minyak esensial peppermint

Cara membuat:

  1. Masukkan minyak zaitun, shea butter, minyak kelapa dan bee wax dalam mangkuk kaca tahan panas ke dalam panci yang telah berisi air (anda bisa menggunakan double boiler)
  2. Panaskan panci diatas kompor sambil diaduk hingga semua bahan meleleh dan tercampur rata
  3. Matikan kompor dan tambahkan minyak esensial lavender dan peppermint
  4. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur semuanya
  5. Biarkan hingga dingin dan periksa konsistensinya. Untuk mendapatkan konsistensi tipis seperti cream, anda bisa menggunakan hand mixer atau mixer listrik selama satu atau dua menit
  6. Tempatkan dalam wadah
  7. Lotion siap untuk digunakan. Anda bisa menggunakan lotion ini ke area seluruh tubuh dan wajah. Namun hindari area mata

Komentar

Loading...