Tips Mudah Membuat Hot Chocolate pada Saat Suhu Dingin

Tips Mudah Membuat Hot Chocolate pada Saat Suhu Dingin

58
memuat...

Harianpost.co.idAda beberapa hal yang membuat musim hujan seperti saat ini menjadi lebih baik: ruangan yang hangat, baju hangat, selimut berbulu dan secangkir minuman panas – hot chocolate misalnya. Hampir semua orang setuju jika cuaca mulai dingin seperti saat ini adalah waktu yang tepat untuk menikmati secangkir coklat panas.

Hot chocolate digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain cocok untuk dinikmati pada saat cuaca dingin, hot chocolate juga cocok untuk dinikmati pada saat bersantai setelah seharian lelah beraktvitas. Kebanyakan orang biasanya membuat hot chocolate secara instan dengan membeli hot chocolate sachet yang banyak dijual di supermarket. Namun sayangnya, beberapa hot chocolate instan yang dijual dibuat dengan menambahkan zat aditif makanan seperti pengawet, pemanis buatan hingga pewarna buatan yang tentu saja akan menimbulkan dampak bagi kesehatan jika terus menerus dikonsumsi. Untuk menghindari zat aditif tersebut, anda sebenarnya bisa membuat hot chocolate sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan, diantaranya:

  • 300 ml santan
  • 3 ons 85% dark chocolate bar (coklat batangan)
  • 2 sdm coklat bubuk
  • 4 sdm sirup maple
  • 1 buah vanilla bean (buah/biji vanilla)
  • Whipped cream (opsional)
  • Kayu manis bubuk (opsional)
  • Marshmellow (opsional)

Cara membuatnya juga sangat mudah dan cepat. Untuk membuat hot chocolate ini anda cukup memerlukan waktu 10 menit untuk 2 penyajian. Caranya:

  1. Dengan menggunakan panci ukuran sedang, masukkan santan, dark chocolate bar, coklat bubuk dan sirup maple
  2. Panaskan bahan-bahan tersebut dengan api kompor sedang dan biarkan hingga campuan meleleh
  3. Tambahkan vanilla bean dan iris panjang menjadi dua. Bersihkan dan singkirkan biji menggunakan pisau atau sendok dan masukkan langsung ke dalam campuran yang telah dipanaskan tadi
  4. Aduk campuran hot chocolate tersebut sampai semua bahan meleleh dan tercampur merata
  5. Selanjutnya, hot chocolate bisa dituangkan ke dalam cangkir dan siap untuk dinikmati. Anda bisa menambahkan topping whipped cream, marshmellow atau kayu manis bubuk jika suka. Selamat mencobaa

Komentar