Tips Membuat Mouthwash Tanpa Bahan Kimia untuk Mengatasi Bau Mulut

Tips Membuat Mouthwash Tanpa Bahan Kimia untuk Mengatasi Bau Mulut

51
memuat...

Harianpost.co.idMothwash atau sering disebut dengan obat kumur adalah salah satu alternatif yang digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di mulut namun bukan dimaksudkan untuk ditelan.  Biasanya terdapat dua jenis obat kumur yakni kosmetik dan terapeutik. Jenis terapeutik bisa dibeli di apotik atau dengan resep dokter dan dapat membantu mengontrol plak, gingivitis, bau mulut dan kerusakan gigi. Sedangkan jenis kosmetik dapat membantu bau mulut sementara tetapi biasanya tidak ada manfaat lainnya sehingga hampir seperti permen karet mint yang dapat membuat nafas segar.

Namun apakah obat kumur aman untuk digunakan? Meskipun tidak tertelan, apapun yang menyentuh kulit atau tubuh bisa diserap. Beberapa obat kumur mengandung bahan yang dapat menyebabkan toksisitas pada sistem organ karena mengandung bahan aktif seperti metal salisilat. Bahan aktif yang terdapat dalam obat kumur juga dapat membuat kesehatan mulut menjadi sensitive, salah satu tandanya adalah terjadinya gingivitis. Tapi jangan khawatir, anda bisa membuat obat kumur anda sendiri tanpa menyebabkan terjadinya gingivitis, dapat mengatasi bau mulut dan bahan dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Anda bisa membuat obat kumur dengan menggunakan beberapa jenis minyak esensial yang dapat secara alami membersihkan gigi dan gusi dalam waktu yang singkat. Untuk membuatnya, bahan yang anda butuhkan:

  • 5 tetes minyak esensial peppermint
  • 5 tetes tea tree oil
  • 3 tetes minyak esensial lemon
  • 3 gelas air minum
  • 1 sdm kalsium karbonat bubuk
  • 8 tetes trace mineral
  • 6 tetes stevia cair (opsional)

Cara membuanya cukup mudah. Anda perlu menggunakan botol mason atau botol plastic BPA free. Masukkan air, kalsium karbonat bubuk dan trace mineral. Campur hingga merata dengan menggunakan sendok. Air minum digunakan karena lebih baik dibandingkan dengan menggunakan air keran biasa. Sedangkan kalsium karbonat dapat memperkuat gigi. Trace mineral memiliki antioksidan yang baik untuk membantu memperbaiki kerusakan sel.

Kemudian tambahkan minyak esensial. Minyak esensial peppermint dapat memberikan sensasi dingin dan nafas yang segar dan dapat membantu mengatasi radang gusi. Tea tree oil akan membantu melawan bakteri dan gingivitis. Selain itu, tea tree oil juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jika terdapat radan di dalam mulut. Minyak esensial lemon akan membantu memutuhkan gigi dibanding dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Jika anda menginginkan sedikit rasa manis, anda bisa menambahkan stevia cair. Pasang tutup botol dan goyang-goyangkan botol selama beberapa saat agar semua bahan tercampur rata.

Obat kumur siap untuk digunakan. Kumur sebanyak seteguk kecil dengan menggunakan campuran tersebut, lalu berkumur secara berkala selama 20-30 detik. Kemudian buang dan jangan ditelan. Anda bisa menyimpannya ditempat yang gelap atau di dalam kulkas.

Komentar

Loading...