Tips Membuat Creamer Kopi dengan Menggunakan Santan

Tips Membuat Creamer Kopi dengan Menggunakan Santan

57
memuat...

Harianpost.co.idApakah anda salah satu orang yang alergi dengan susu atau sedang ingin melakukan diet produk hewani namun suka sekali dengan kopi yang ditambahkan dengan creamer padahal creamer dibuat dari susu sapi? Tenang saja, anda bisa menggunakan santan sebagai creamer kopi yang terbuat dari susu sapi. Santan mengandung asam lemak rantai tengah (medium chain fatty acids) yang memiliki karakter mudah dicerna dan mudah diuba menjadi energy.

Creamer biasanya dikonsumsi dengan ditambahkan pada beberapa produk minuman seperti teh dan kopi. Namun apakah creamer yang dibuat dari santan dapat dibeli di supermarket? Jawabannya adalah ya, tetapi yang menjadi salah satu masalah adalah creamer yang tidak dibuat dari susu sapi biasanya mengandung bahan-bahan yang dipertanyakan seperti potassium fosfat atau gellan gum. Creamer kopi konvensional yang tebuat dari susu sapi juga telah banyak diketahu mengandung lemak trans.

Lalu apakah creamer yang terbuat dari santan baik untuk kesehatan dan rasanya enak? Tentu saja. Anda bisa membuat creamer dari santan ini sendiri untuk memastikan bahwa anda tidak mengkonsumsi bahan-bahan yang tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh. Creamer santan ini memang akan memiliki rasa seperti kelapa jika ditambahkan pada minuman, tapi tentu saja hal ini juga akan menambah cita rasa. Creamer ini juga bisa menjadi bahan makanan yang sehat seperti halnya tepung paleo serta bisa dikonsumsi bagi siapa saja yang sedang mengikuti diet vegan. Untuk membuat creamer santan, bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 135 ml santan (anda juga bisa menggunakan santan kaleng)
  2. 1-2 sdm ekstrak vanili
  3. 2 sdm minyak kelapa cair
  4. Madu atau gula setvia (sesuai selera)
  5. Garam secukupnya

Cara membuatnya juga sangat sederhana. Cukup masukkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam blender dan nyalakan blender dengan kecepatan sedang selama beberapa saat. Jika semua bahan sudah tercampur secara merata, matikan blender dan creamer santan siap untuk ditambahkan pada minuman, seperti kopi atau teh sesuai dengan keinginan.

Komentar

Loading...