Tips Menurunkan Kadar Kolestrol Secara Alami

Tips Menurunkan Kadar Kolestrol Secara Alami

40
memuat...

Harianpost.co.idKolestrol merupakan salah satu zat alami yang diproduksi oleh liver dan dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi sel, saraf dan hormon secara tepat. Meskipun tubuh membutuhkan kolestrol, produksi kolestrol berlebih dapat menyebabkan munculnya plak pada dinding arteri sehingga dapat mengurangi aliran darah ke area vital di dalam tubuh. Jika plak tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung atau stroke.

Secara umum, terdapat dua jenis kolestrol yang telah banyak diketahui. Namun yang perlu diingat, tidak semua jenis kolestrol memiliki peran yag sama. Kolestrol LDL atau dikenal sebagai ‘kolestrol jahat’ adalah jenis kolestrol yang menumpuk di dalam dinding arteri dan meningkatkan resiko penyakit jangtung. Sedangkan kolestrol HDL atau disebut juga sebagai ‘kolestrol baik’ berperan dalam menghilangkan kolestrol berbahaya yang terdapat dalam arteri untuk meningkatkan aliran darah ke jantung.

Namun, bagaimana cara menurunkan kadar ‘kolestrol jahat’ tapi tetap dapat menjaga keseimbangan ‘kolestrol baik’? Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh.

3 Cara Alami yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolestrol

  1. Atur asupan makanan yang dikonsumsi

Untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, anda tidak perlu terlalu menyiksa tubuh dengan mengikuti diet rendah kolestrol. Cukup dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan rempah seperti sayuran segar, olive oil, alpukat, bawang putih, kunyit, salmon, kacang-kacangan, kentang, dan ubi dapat membantu anda menjaga keseimbangan kadar kolestrol dalam tubuh. Selain itu, anda juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang memiliki kadar gula dan sodium yang tinggi, alkohol, kafein dan makanan yang tinggi kandungan asam lemak jenuh

  1. Mengkonsumsi suplemen

Selain mengatur asupan makanan yang dikonsumsi, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen untuk memberikan efek yang lebih signifikan untuk menurunkan kadar kolestrol. Salah satu jenis suplemen yang dapat membantu menurunkan kadar kolestrol ialah minyak ikan. Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Minyak ikan berperan cukup efektif dalam meningkatkan kadar kolestrol HDL dalam darah

  1. Lakukan olahraga secara rutin

Ketika anda ingin menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, salah satu hal penting yang sering kali dilupakan adalah dengan melakukan banyak aktifitas fisik seperti olahraga. Salah jenis olahraga yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung dan mudah dilakukan adalah dengan melakukan latihan aerobik. Latihan aerobik, atau latihan kardio, adalah bentuk latihan yang membantu memperkuat jantung dan paru-paru Anda. Selain dapat menurunkan berat badan, penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Berjalan, berlari, dan bersepeda hanyalah beberapa cara mudah untuk mendapatkan dosis kardio harian Anda.

Meskipun beberapa metode diatas cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol, perlu diingat bahwa hal ini harus dikombinasikan dengan kebiasaan sehat lainnya untuk memaksimalkan keefektifannya. Misalnya, akan lebih efektif jika anda melakukan olahraga teratur dan jadwal tidur yang teratur. Selain itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda .

Komentar

Loading...