Cara Menampilkan Virtual Home Button (Assistive Touch) pada iPhone dan iPad

Cara Menampilkan Virtual Home Button (Assistive Touch) pada iPhone dan iPad

50
memuat...

Harianpost.co.idPada generasi terbaru dari dua produk smartphone milik Apple, iPad dan iPhone terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari generasi yang sebelumnya. Di generasi sebelumnya, terdapat tombol home button pada iPad dan iPhone. Namun pada generasi terbaru ini, Apple memutuskan untuk menghilangkan tombol navigasi tersebut karena menerapkan design terbaru yakni desain edge-to-edge sehingga tidak terdapat ruang untuk home button. Banyak pengguna produk Apple pada versi lama yang cukup menyayangkan hal ini karena dengan adanya tombol home button, pengguna dapat secara langsung menutup aplikasi dan kembali pada layar awal.

Tapi tak perlu khawatir, jika anda merupakan pengguna lama Apple dan kini menggunakan smartphone generasi terbaru mereka masih ada alternatif yang dapat dilakukan untuk mempermudah anda dan memiliki fungsi yang hampir sama dengan tombol home button. Fitur ini disebut dengan Assistive Touch.

Assistive Touch adalah home button virtual yang selalu berada di sekitar tampilan layar dan memiliki  fungsi sama seperti huome button. Assistive Touch juga dapat dicustomize untuk mode 1 tap, 2 tap, long press dan 3D touch (hanya untuk perangkat yang kompetibel) untuk menjalankan perintah. Dengan mengetuk (tap) Assistive Touch dapat membuka beberapa pilihan menu yang memberikan akses cepat ke panel notifikasi, pusat control, dsb. Fitur ini juga dapat mencegah terjadinya kerusakan seperti yang biasa dialami pada tombol navigasi home button sebelumnya. Jika pada perangkat Apple anda masih belum muncul home button virtual ini, berikut ini beberapa langkah untuk menampilkannya:

  1. Buka ‘Settings’ pada perangkat Apple anda
  2. Scrool dan cari opsi ‘Accessibility’
  3. Kemudian pilih ‘Assistive Touch’
  4. Sekarang, nyalakan pilihan (turn on) pada lama menu Assistive Touch
  5. Lalu anda akan melihat sebuah tombol putih keabuan yang berada pada tampilan perangkat anda

Cara Mengcustom Tombol Assistive Touch

Dari menu Assistive Touch, pilih opsi ‘Customize Top Level Menu’. Kemudian pilih jumlah shortcut yang ingin anda tambahkan dan klik icon ‘+’ untuk memberikan perintah menambah. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pengaturan untuk perintah single/double tap dan 3D touch.

Komentar

Loading...