Tips Membuat Kombucha untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Tips Membuat Kombucha untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

56
memuat...

Harianpost.co.idKombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari teh hitam dan gula (dari berbagai sumber, termasuk gula tebu, buah dan madu) yang digunakan sebagai makanan fungsional berupa probiotik. Kombucha berisi koloni bakteri dan ragi yang bertanggung jawab untuk memulai proses fermentasi setelah ditambahkan dengan gula. setelah fermentasi berakhir, kombucha mengalami karbonasi dan mengandung cuka, vitamin B, enzim, probiotik dan berbagai jenis asam (asam asetat, glukonik dan laktat). Bakteri dalam kombucha, dikenal sebagai ‘bakteri penghasil selulosa’ yang berarti dapat menghasilkan selulosa sebagai perisai sel.

Larutan teh dan gula yang difermentasi oleh bakteri dan yeast ini juga dikenal sebagai SCOBY (koloni simbolis dari bakteri dan yeast). Meskipun biasanya dibuat dengan teh hitam, kombucha juga dapat dibuat dengan menggunakan teh hijau. Selain untuk manfaat kesehatan, beberapa orang juga menganggap kombucha sebagai pengganti soda yang sehat untuk memuaskan keinginan untuk mengkonsumsi minuman bersoda. Bahkan kini terdapat beberapa varian rasa soda, tapi yang terpenting tetap perhatikan kandungan gulanya.

Tertarik untuk mengkonsumsi kombucha? Untuk mendapatkan kombucha anda bisa menemukannya di toko yang menjual makanan organik dan alami serta outlet bahan makanan pada umumnya. Tetapi, harga yang ditawarkan untuk satu botol kombucha cukup mahal namun harga yang dibayar dan manfaat yang didapatkan sepertinya akan tetap sebanding. Tak perlu khawatir, anda sebenarnya juga bisa membuat kombucha sendiri di rumah untuk merasakan manfaat kombucha.

Manfaat Kombucha untuk Kesehatan

Kombucha telah dikenal tentang manfaatnya untuk kesehatan sistem pencernaan. Secara alami, antioksidan pada teh sebagai bahan utama dalam pembuatan kombucha akan menangkal radikal bebas yang ada pada sistem pencernaan. Selain itu, sebenarnya  peran utama kombucha dalam mendukung kesehatan sistem pencernaan karena kandungan asam, probiotik, asam amino dan enzim. Kombucha juga dapat menghilangkan populasi Candida yang berlebih dalam saluran pencernaan dengan cara meningkatkan keseimbangan sistem pencernaan dengan memelihara jumlah probiotik yang merupakan bakteri baik untuk melawan Candida. Meskipun kombucha mengandung bakteri, namun bakteri tersebut bukanlah bakteri pathogen yang berbahaya. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan sistem pencernaan, manfaat lain dari kombucha diantaranya:

  1. Membantu mencegah resiko berbagai penyakit

Tak hanya mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan, kombucha juga dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit. Kombucha mengandung antioksidan kuat dan dapat membantu detoksifikasi tubuh serta melawan penyakit dengan cara mengurangi inflamasi, yang merupakan akar dari hampir semua jenis penyakit. Detoksifikasi juga merupakan salah satu hal yang dapat menurunkan resiko kanker. Satu alasan hal ini bisa terjadi karena antioksidan mengurangi stress oksidatuf yang dapat merusak sel bahkan DNA

  1. Bermanfaat untuk penderita diabetes

Meskipun beberapa praktisi memberikan larangan mengkonsumsi kombucha bagi penderita diabetes, namun sebuah penelitian justru memberikan hasil yang sebaliknya. Jika mengkonsumsi kombucha dengan jumlah kandungan gula yang rendah, akan membantu penderita diabetes mengontrol gula darah dibandingkan dengan mengkonsumsi teh hitam biasa tanpa perlakuan fermentasi

  1. Memelihara sistem kardiovaskular

Kombucha merupakan salah satu jenis minuman yang bagus untuk memelihara kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi kombucha rendah gula, akan membantu menurunkan jumlah trigliserida yang secara alami akan mengontrol kolestrol

Cara Membuat Kombucha

Kombucha dapat dengan mudah dibuat sendiri. Berikut ini cara sederhana untuk membuat kombucha sendiri di rumah. Karena tidak dilakukan pasteurisasi, resep ini dapat menghasilkan 8 cangkir dan sebaiknya langsung habis dalam 1 hari tersebut. Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kombucha:

  1. 1 gelas besar atau toples kaca dengan tutup yang tidak telalu lebar (hindari menggunakan bahan plastik dan keramik karena bahan kimia pembuat plastic dapat terserap ke dalam kombucha selama proses fermentasi. Sedangkan keramik dapat menyebabkan timbale masuk ke dalam komcuga setelah asam bersentuhan dengan keramik)
  2. Sepotong kain besar (usahakan menggunakan kain jenis katun tipis)
  3. 1 dsik SCOBY
  4. 8 gelas air
  5. ½ cup air
  6. 4 kantong teh organik
  7. 1 cup kombucha yang sudah jadi

Cara membuat:

  • Didihkan air dalam panci. Setelah mendidih, matikan kompor dan masukkan teh serta gula. aduk hingga gula larut
  • Kemudian didihkan teh selama sekitar 15 ment, kemudian angkat dan buang kantong teh
  • Biarkan the dingin hingga suhu kamar. Setelah dingin, tuang campuran teh dan gula ke dalam toples. Lalu masukkan SCOBY dan 1 cup kombucha yang sudah jadi
  • Tutup tples dengan menggunakan kain dan ikat dengan menggunakan karet atau tali agar rapat.
  • Biarkan kombbucha selama 7-10 hari, tergantung cita rasa yang diinginkan. Semakin singkat waktu fermentasi, rasa yang dihasilkan tidak terlalu beragam. Sedangkan semakin lama waktu fermentasi menciptakan lebih banyak cita rasa

Komentar

Loading...