Cara Mengatasi Jerawat dengan Menggunakan Minyak Esensial

Cara Mengatasi Jerawat dengan Menggunakan Minyak Esensial

69
memuat...

Harianpost.co.idJerawat merupakan salah satu penyebab bagi seseorang tidak percaya diri. Terkadang jerawat membuat kita merasa tidak nyaman karena area kulit yang muncul jerawat terasa sakit. Tak hanya muncul diarea wajah, jerawat terkadang juga muncul di bagian tubuh lain seperti dada, lengan dan bahkan di punggung. Ketika tidak segera diatasi, jerawat akan meninggalkan bekas yang cukup susah untuk dihilangkan.

Penyebab utama munculya jerawat adalah terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit, bakteri, produksi minyak berlebih dan adanya sel kulit mati. Faktor lain yang dapat memicu munculnya jerawat dan bahkan membuat jerawat semakin parah diantaranya, hormone, pola konsumsi makanan, stress, mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, androgen, pil KB,dll. Namun mengapa jerawat biasanya banyak dialami oleh remaja? Hal ini bisa disebabkan karena faktor genetika, perubahan keseimbangan hormone, stress atau aktivitas yang dapat membuat kulit menjadi sensitive misalnya, gesekan dari peralatan olahraga dan ransel yang dapat mengiritasi kulit serta menyebabkan jerawat di area dagu, dahi, rahang, leher, dada dan punggung. Sebuah penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa prevalensi jerawat pada wanita dewasa cenderung meningkat. Kemungkinan  yang mempengaruhi hal ini adalah ketidak seimbangan dan kurang tidur.

Penting untuk diketahui bahwa seringkali kita menggunakan obat atau produk kosmetik yang mengandung bahan kimi yang dijual secara bebas untuk mengatasi jerawat. Hal ini sebenernya sangat berisiko karena jika penggunaan tidak tepat atau bahan kimia tersebut tidak cocok dengan kulit justru akan membuat jerawat semakin parah dan juga dapat menyebabkan iritasi. Salah satu bahan yang aman yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat adalah minyak esensial. Minyak esensial telah umum diketahui dapat membunuh bakteri pada kulit.

Minyak Esensial yang Dapat Mengatasi Jerawat

  1. Tea Tree Oil

Beberapa manfaat tea tree oil yang sudah banyak diketahui adalah sebagai anti mikroba dan anti fungi. Hal ini juga dapat dilihat dari banyaknya produk-produk perawatan untuk jerawat yang ditambahkan dengan tea tree oil dan menjadi pilihan umum bagi orang-orang untuk mengatasi jerawat. Untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan tea tree oil, caranya cukup mudah. Tambahkan 2-3 tetes tea tree oil pada kapas bersih dan oleskan pada area yang terdapat jerawat. Tea tree oil juga dapat digunakan dengan menggunakan botol semprot yang telah diisi air. Kocok hingga tea tree oil dan air tercampur, semprotkan ke area wajah atau area yang terdapat jerawat

  1. Lavender

Minyak esensial lavender memiliki manfaat sebagai antimikroba dan antioksidan. Minyak esensial laver dapat membuat kulit rileks dan memelihara kulit sehingga dapat digunakan sebagai obat jerawat, menyembuhkan kulit kering, dan mengurangi bintik-bintik gelap serta bekas jerawat. Manfaat lainnya yang dapat dimanfaat dari lavender yakni sifat terapeutiknya dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan membuat kulit menjad cerah. Untuk menggunakan minyak esensial lavender untuk mengurangi stress yang dapat memicu produksi sebum (zat beriminyak yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri yang dapat menyumbat folikel kulit), teteskan 5 tetes minyak esensial lavender pada kapas atau gunakan secara topikal pada pergelangan tangan, bagian belakang leher atau pelipis.

Komentar

Loading...