Tips Membuat Sup Bawang Tanpa Tambahan MSG

Tips Membuat Sup Bawang Tanpa Tambahan MSG

35
memuat...

Harianpost.co.idJika anda biasa mengkonsumsi sup kalengan, mungkin kini saatnya beralih untuk menyiapkan sup anda sendiri. Selain hemat, membuat sup sendiri juga jauh lebih baik untuk kesehatan. Karena dengan membuat sup sendiri, anda mengetahu bahan-bahan apa saja yang digunakan.

Mungkin anda pernah mendengar tentang BPA, yang merupakan senyawa yang biasa ditemukan pada bahan-bahan yang terbuat dari plastic – dan juga merupakan salah satu bahan lapisan pada kaleng. Yang lebih buruk, BPA tidak hanya berada pada lapisan namun juga bisa merembes ke dalam kaleng dimana salah satu jenis makanan yang dikemas dengan menggunakan kaleng adalah sup kalengan. BPA berbahaya bagi kesehatan karena dapat merusak sistem endokrin dan sistem reproduksi, menyebabkan defisiensi vitamin D serta obesitas.

Selain bahaya BPA pada kemasan sup kalengan, hal yang harus dihindari lainnya adalah kandungan sodium (garam) yang tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung sodium akan menyebabkan tubuh mengalami gangguan, mulai dari tekanan darah, obesitas, hingga serangan jantung dan stroke. Bahkan beberapa sup kalengan memiliki klaim mengandung rendah sodium, namun biasanya tetap saja mengandung jumlah sodium yang lebih tinggi daripada jumlah sodium yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi jika seseorang tidak hanya memakan satu porsi sup kalengan. Tingginya jumlah sodium pada sup kalengan dikarenakan sodium atau garam merupakan salah satu jenis bahan pengawet.

Mungkin bagi anda yang mengurangi konsumsi MSG, membuat sup sendiri adalah pilihan yang tepat karena MSG merupakan salah satu bahan yang kurang baik jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Selain salah satu jenis sodium, MSG (mosodium glutamate) adalh zat aditif makanan yang dapat menyebabkan mual, jantung berdebar dan bahkan muntah. Terlalu banyak mengkonsumsi MSG bisa menyebabkan eksploitasi sel tubuh yang bisa menjadi rusak sehingga akhirnya mati.

Membuat sup sendiri adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan. Mungkin anda mengenal berbagai jenis sup, tapi salah satu jenis sup yang hampir digemari oleh semua orang adalah sup bawang (onion soup).  Bawang merupakan salah satu jenis bumbu yang mudah dijumpai. Meskipun memiliki ukuran kecil, bawang memiliki nutrisi yang sangat luar biasa karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dimana antioksidan tersebut dapat menurunkan peradangan dan bahkan dapat membantu melawan sel kanker. Menurut penelitian, mengkonsumsi bawang dapat menurunkan resiko kanker eskofagus, kolorektal dan payudara.

Cara Membuat Sup Bawang

Untuk membuat sup bawang, bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 4 buah bawang merah ukuran besar, kupas dan iris tipis
  • 2 cup kaldu daging ayam
  • 2 cup kaldu daging sapi
  • 2 sdm ghee (mentega)
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • Keju (opsional)
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya

Cara membuat sup bawang sangat sederhana dan mudah. Pertama, dengan menggunakan panci ukuran sedang lelehkan ghee dan bawang merah besar diatas kompor dengan api sedang. Kemudian masak bawang hingga matang dan berbau harum. Selanjutnya tambahkan kaldu daging ayam dan daging sapi serta bawang putih yang sudah dicincang. Bumbui dengan menambahkan garam dan lada secukupnya. Masak sup hingga mendidih, lalu kecilkan api dan biarkan mendidih sedikit lebih lama sekitar 30-50 menit. Sup siap untuk dinikmati. Anda bisa menambahkan keju dan sayur-sayuran jika suka. Saat penyajian, anda bisa menyantap sup bawang bersama nasi, salad atau French bread. Happy trying!

Komentar

Loading...