Tips Membuat Vinaigrette Sebagai Dressing Salad

Tips Membuat Vinaigrette Sebagai Dressing Salad

56
memuat...

Harianpost.co.idJika anda merupakan salah satu orang yang suka mengkonsumsi dan membuat salad, vinaigrettes (dressing salad) memiliki bahan dasar yakni minyak dan beberapa jenis cuka. Secara umum, penambahan segala bahan pada vinaigrette bertujuan agar salad semakin lezat. Vinaigrette memiliki rasa yang lebi ringan daripada saus krim yang dibuat dengan menggunakan susu, telur dan mayo. Karena vinaigrette memiliki tekstur tidak seberat dressing pada salad tradisional, membuat vinaigrette lebih cocok untuk ditambahkan pada salad yang dibuat dari sayuran hijau seperti bayam atau selada. Selain itu, vinaigrette tidak hanya bisa ditambahkan pada salad namun juga biasa ditambahkan pada resep instant pot seperti yang populer di Pinterest saat ini. Hal ini dikarenakan vinaigrette memiliki rasa asam yang pas untuk dijadikan bumbu dan ditambahkan pada segala jenis makanan.

Tidak hanya bisa digunakan pada segala jenis makanan, vinaigrette juga dapat dibuat dengan menambahkan beberapa bahan seperti:

  • Buah. Tambahkan buat matang lebih banyak ke minyak dan tumis pada apapun termasuk daging, ayam dan ikan
  • Rempah segar. Tambahkan rempah segar ke dalam vinaigrette favorit anda dan sajikan diatas mashed potato atau steak
  • Mentega. Ganti brown butter (mentega coklat) dan buat vinaigrette lezat favorit anda

Untuk membuat vinaigrette, rasio yang bisa anda gunakan adalah 3 bagian minyak untuk satu bagian cuka. Berkreasi dengan minyak dan cuka adalah kunci untuk membuat vinaigrette yang lezat. Salah satu cara membuat vinaigrette yang dapat anda coba adalah dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini.

  1. 1 cup avocado oil (minyak alpukat)
  2. ½ cup cuka balsamic
  3. 1 sdm sirup maple
  4. 1-2 sdm jus buah bit
  5. 2 sdt air lemon
  6. ½ cup basil
  7. 1 sdm bawang putih, haluskan
  8. 1 sdt garam
  9. 1 sdt lada

Cara membuatnya sangat sederhana, cukup masukkan semua bahan-bahan diatas ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata, dan kocok hingga teremusi. Pindahkan ke wadah yang kedap udara dan simpan dalam lemari es selama 4-6 minggu.

Komentar