Tips Mudah untuk Mengatasi Depresi

Tips Mudah untuk Mengatasi Depresi

57
memuat...

Harianpost.co.idDepresi adalah salah satu hal yang sangat umum terjadi. Bahkan mungkin anda berada di dekat seseorang setiap hari yang mungkin tidak anda ketahui bahwa ia sedang mengalami depresi. Beberapa gejala yang mungkin menandakan seseorang sedang mengalami depresi diantaranya seperti kelelahan, terlihat sedih dan murung, kurang percaya diri, nafsu makan menurun, memiliki perasaan bahwa hari-hari yang sulit tidak akan pernah berakhir dan tidak pernah menerima ajakan untuk keluar bersama teman atau terlibat dalam suatu kegiatan. Mungkin beberapa penderita depresi ada yang tidak menyadari gejala tersebut karena terdapat banyak perilaku yang bisa menjadi indikasi bahwa seseorang sedang mengalami depresi.

Untungnya, ada cara alami utnuk mengatasi depresi yakni dengan menggunakan minyak esensial tertentu – irip dengan cara menggunakan inyak esensial untuk mengatasi rasa gelisah atau cemas. Dalam uji klinis, inyak esensial terbukti dapat meningkatkan suasana hari. Anda mungkin penasaran bagaimana minyak esensial dapat mengatasu hal tersebut. Karena aroma atau bau minyak esensial dibawa langsung ke otak, hal inilah yang berfungsi sebagai pemicu emosional. Sistem limbik akan mengevaluasi rangsangan sensorik, mulai memberikan rasa rileks, rasa sakit, bahaya dan merasa ama yang kemudian menciptakan dan mengarahkan respon emosional kita seperti perasaan takut, marah, depresi dan ketertarikan atau antusiasme.

Emosi dasa dan keseimbanan hormonal kita adalah respons terhadap bau yang paling mendasar. Hal ini membuat aroma memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam kehidupan kita sheari-hari karena merupakan sesuatu yang langsung menuju ke ingatan dan emosi – itulah sebabnya minyak esensial dapat mengatasi depresi dan rasa cemas.

Cara Menggunakan Minyak Esensial untuk Mengatasi Depresi

Terdapat beberapa cara yang dapat anda coba untuk mengatasi depresi dengan menggunakan minyak esensial. Untuk menghilangkan stress dan meningkatkan kualitas tidur, letakkan diffuser di dekat tempat tidur dan oleskan minyak esensial saat anda akan tidur di malam hari. Anda juga bisa mengoleskan minyak esensial secara topikal di belakang telinga, belakang leher, perut dan telapak kaki anda. Berikut ini salahs satu tips membuat campuran minyak esensial untuk mengatasi depresi. Beberapa minyak esensial yang dibutuhkan diantaranya:

  • 20-30 tetes minyak esensial lavender
  • 20-30 tetes minyak esensial chamomile
  • 20 ml grapeseed oil

Cara membuatnya cukup campurkan semua bahan diatas dalam toples atau jar kaca. Kemudian gunakan untuk pijat di seluruh tubuh. Anda bisa meminta bantuan pada tukang pijat untuk menggunakannya. Lakukan 2-3 kali perbulan. Selai itu, anda juga dapat menggunakan campuran ini untuk memijat tangan dan leher atau telapak kaki di malam hari sebelum tidur.

Untuk mengatasi depresi, anda hanya perlu menggunakan minyak esensial secukupnya, baik secara internal maupun topikal. Hal ini dikarenakan jika digunakan berlebihan dapat menyebabkan reaksi sensitifitas, sehingga pastikan kondisi kulit anda. Hal lain yang harus diperhatikan, penting untuk emmastikan bahwa semua minyak esensial yang anda pilih adalah 100% murni. Jika anda sedang hamil atau menyusui, atau menggunakannya untuk anak-anak pastikan untuk menghubungi dokter terlebih dahulu.

Komentar