Tips Mengatasi Kulit Kepala yang Gatal

Tips Mengatasi Kulit Kepala yang Gatal

51
memuat...

Harianpost.co.idKulit kepala yang gatal merupakan salah satu masalah pada rambut yang sangat menjengkelkan dan memalukan. Namun apakah yang menyebabkan terjadinya kulit kepala gatal? Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit kepala kering dan gatal, misalnya terjadi infeksi jamur seperti eksim atau psoriasis, ketombe, rambut yang kotor, atau bahkan mungkin sampo yang anda gunakan. Jangan khawatir, hal ini memang bukan merupakan masalah yang besar. Namun anda harus terus siaga jika semakin bertambah parah. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak memiliki efek samping.

Pernahkah anda mendengar manfaat madu untuk kesehatan rambut dan kulit kepala? Anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi kulit kepala yang gatal. Membuat sampo sendiri dengan menggunakan madu tidak hanya dapat mengatasi kulit kepala yang gata, namun juga dapat membuat rambut menjadi lembut, halus dan berkilau – sehingga sampo ini dapat digunakan untuk mengatasi kulit kepala yang kering dan juga ketombe. Untuk mengatasi kulit kepala yang gatal, anda bisa membuat sampo dengan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 sdm madu
  • 2 sdm cuka apel
  • 4 ons gel aloe vera
  • 1 sdm minyak kelapa
  • 1 sdt sabun castile
  • 3 sdm air
  • 10 tetes tea tree oil
  • 10 tetes minyak esensial rosmary
  • Botol plastic BPA free

Cara membuat:

  1. Campurkan madu dan cuka apel. Jika madu yang anda gunakan sangat kental (hingga agak memadat), anda bisa memanaskannya hingga meleleh
  2. Kemudian tambahkan gel aloe vera dan minyak kelapa. Lalu campur hingga rata
  3. Setelah tercampur, pindahkan ke sebuah mangkuk
  4. Tambahkan sabun castile dan air. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur
  5. Masukkan minyak esensial rosemary dan tea tree oil. lalu campur semua bahan-bahan tersebut hingga rata
  6. Selanjutnya tuangkan ke dalam botol BPA free dan tutup rapat. Kocok perlahan
  7. Sekarang, sampo siap untuk anda gunakan. Saat menggunakan sampo ini, anda tidak akan menemukan banyak busa. Busa pada sampo sebenarnya dapat mempengaruhi produksi minyak dalam kulit kepala dan keseimbangan pH. Gunakan sampo ini seperti biasa, sambil lakukan pemijatan secara lembut pada kulit kepala. Bilas rambut hingga bersih. Dan lakukan treatment lainnya sesuai kebiasaan anda. Selamat mencoba!

Komentar