Tips Mengatasi Alergi dengan Menggunakan Bahan Alami

Tips Mengatasi Alergi dengan Menggunakan Bahan Alami

39
memuat...

Harianpost.co.idAlergi merupakan reaksi hipersensitivitas tubuh terhadap antigen sebagai respon terhadap paparan suaru zat atau reaksi imunologi berlebihan. Dengan kata lain, alergi adalah hipersensitivitas sistem kekebalan yang menyebabkan respon menjadi rusak sehingga mempengaruhi seluruh keadaan tubuh. Secara umum, gejala alergi terjadi ketika tubuh bereaksi terhadap allergen dengan memproduksi bahan kimia yang disebut dengan histamine – yang dapat membantu menetralkan allergen. Sistem kekebalan tubuh menyebabkan reaksi alergi dengan memproduksi antibody Immunoglobin E (IgE) yang menybabkan gejala alergi semakin beragam. Beberapa jenis alergi yang sering terjadi diantaranya:

  • Alergi musiman (rhinitis atau hay fever), biasanya semakin parah ketika banyak terdapat serbuk sari dilingkungan misalnya pada saat musim semi atau musim gugur
  • Alergi abadi, yang terjadi sepanjang tahun
  • Alergi makanan tertentu, seperti alergi kerang (seafood)
  • Alergi obat-obatan tertentu
  • Alergi debu
  • Alergi dengan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing karena bulu hewan yang rontok
  • Anafilaksis, yang merupkan rekasi alergi yang serius dan mengancam jiwa sebagai respon terhadp sejumlah allergen yang berbeda-beda

Gejala pada saat mengalami alergi cukup bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada apa yang menyebabkan terjadinya reaksi alergi dan akan bervariasi tergantung pada seberapa parah tingkat alergi yang dialami. Beberapa gejala umum yang terjadi pada saat mengalami alergi diantaranya:

  • Ruam kulit, kemerahan, gatal-gatal, kering dan bahkan kulit mengelupas
  • Kesemutan atau muncul rasa sensasi gatal di mulut dan bibir
  • Terjadi pembengkakan di bibir atau wajah
  • Hidung gatal higga tersumbat
  • Mual dan muntah
  • Diare dan kram perut
  • Batuk hingga kesulitan bernapas
  • Pusing

Ada banyak hal yang dapat menjadi pemicu terjadinya reaksi alergi, beberapa  pemicu terjadinya rekasi alergi secara umum adalah; serbuk sari bunga atau tanaman tertentu, debu, makanan tertentu (makanan yang mengandung gluten, susu, kacang-kacangan, telur, seafood, dll), gigitan atau sengatan serangga, bulu binatang, obat-obatan tertentu seperti antibiotic, dan masih banyak lainnya.

3 Bahan Alami yang Dapat Mengatasi Alergi

  1. Makanan yang memiliki kandungan anti inflamasi

Yang paling penting saat mengetahui saat memiliki alergi, perbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan anti inflamasi untuk mengurangi resiko terjadinya alergi dan masalah kesehatan lainnya. Merawat tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi akan membuat sistem kekebalan memiliki kemampuan untuk semakin membaik sehingga tubuh kembali homestasis dan dapat melawan alergi. Beberapa jenis bahan makanan yang memiliki kandungan inflamasi baik diantaranya adalah bawang, sayuran yang memiliki daun hijau, santan, tepung bebas gluten, dan ASI (bagi batita)

  1. Madu

Tak hanya memiliki rasa manis yang enak, madu dapat dikonsumsi setiap hari untuk membantu mengendalikan alergi musiman (terjadi setiap musim) yang sering kali terjadi. Mengkonsumsi satu sendok makan madu setiap hari akan membantu tubuh memiliki toleransi terhadap serbuk sari yang tanpa anda ketahui masuk ke dalam hidung. Apa yang membuat madu bisa mengatasi alergi? Salah satunya adalah karena memiliki kandungan bee pollen, yang dikenal untuk menangkal infeksi, alergi dan meningkatkan imunitas. Madu juga mengandung berbgai jenis enzim yang mendukung fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan

  1. Cuka apel

Cuka apel memang merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi satu sendok teh cuka apel dan segelas air putih ditambah sedikit air lemon segar adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi alergi dan dapat dikonsumsi paa saat pagi hari setelah bangun tidur.

Komentar