Cara Mempercepat Penyembuhan Bronkitis

Cara Mempercepat Penyembuhan Bronkitis

84
memuat...

Harianpost.co.idBronkitis adalah peradangan saluran bronchial yang merupakan saluran yang membawa udara masuk ke paru-paru. Kondisi ini menyebabkan anda akan terus menerus batu, dan terkadang mengalami kesulitan bernapas. Parahnya, batuk yang terjadi terus menerus juga bisa menjadi penyebab nyeri pada dada dan mengi. Bronkitis juga dikenal sebagai ‘cold chest’ karena biasanya terjadi setelah penderita mengalami gejala flu biasa.

Salah satu gejala utama ketika mengalami bronkitis akut adalah batuk terus menerus. Batuk ini berlangsung sampai bagian bronchial membaik dan tidak bengkak. Yang harus diwaspadai, batuk pada gejala bronkitis bisa terjadi antara 3 minggu hingga 1 bulan. Bronkitis biasanya juga dapat terjadi setelah penderita mengalami flu dan juga gejala lain seperti:

  • Sakit tenggorokan
  • Kelelahan
  • Hidung tersumbat atau berair
  • Demam
  • Pegal-pegal
  • Muntah
  • Diare

Ketika anda batuk, perhatikan adanya lendir atau substansi yang berlendir. Biasanya lendir akan tampak jernih, namun juka lendir berwarna kuning-hijau, sepertinya itu juga pertanda terjadinya infeksi bakteri.  Gejala lainnya yang biasanya terjadi pada penderita bronkitis akut diantaranya mengi (muncul suara nyaring atau melengking ketika bernapas), sesak dada atau nyeri, mengalami sesak napas terutama setelah melakukan aktivitas fisik.

Penyebab Bronkitis

Virus yang sama dengan virus yang menyebabkan flu juga dapat menyebabkan bronkitis. Rata-rata peneyababnya adalah bakteri. Menurut penelitian, 85% – 95% kasus bronkitis akut disebabkan oleh virus yang paling umum adalah rhinovirus, adenovirus, influenza A dan B, serta parainfluenza. Ketika bronkitis disebabkan oleh bakteri, biasanya diikuti dengan masalah kesehatan yang lainnya sehingga tubuh akan mencoba melawan bakteri tersebut sehingga bagian bronchial akan memebnegkak dan memproduksi lendir lebih banyak dan dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

Pengobatan Bronkitis Secara Konvensional

Bronkodilator biasanya digunakan untuk memperlebar saluran udara dengan melemaskan otot polos pada bronkus. Bronkodilator umumnya digunakan utnuk asma, reaksi alergi dan kondisi gangguan lain pada masalah pernapasan termasuk bronkitis. Obat penghilang rasa sakit yang dijual secara bebas, seperti ibuprofen, aspirin dan acetaminophen terkadang juga digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan demam yang terkait dengan bronkitis sehingga anda harus lebih berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan ini terlalu banyak. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan tersebut dapat menyebabkan gangguan liver, koma dan bahkan kematian.

Cara Mempercepat Penyembuhan Bronkitis Secara Aman

  1. Mengkonsumsi Makanan Kaya Protein dan Mengandung Anti Inflamasi

Saat tubuh anda bekerja melawan infeksi, entah disebabkan oleh virus aau bakteri, anda harus mendukung pertahanan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung anti inflamasi yang akan membantu memperkuat sistem imun dan mengurangi resiko terjadinya pembengkakan terutama pada organ dalam. Makan banyak buah-buahan dan sayruan segar akan memberikan suplai vitamin dan mineral penting sehingga tidak memproduksi lendir berlebih.  Selain itu, makanan yang mengandung tinggi probiotik juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga prebiotik dalam sistem pencernaan. Beberapa pilihan makanan yang mengandung tinggi protein diantranya sauerkraut, kimchi, kombucha, kefir dan yoghurt

  1. Tetap Terhidrasi

Minum banyak air putih sepanjang air akan membantu mengencerkan lendir pada bronchial, sehingga akan mengurangi batuk dan akan membuat anda menjadi lebih mudah bernafas. Sebaiknya, minum satu gelas air setiap 2 jam sekali

  1. Gunakan Humidifier

Humidifier dapat membantu meluruhkan lendir dan mengurangi resiko mengi. Metode terapi humidifikasi cukup efekti dan tidak terlalu mahal untuk mempercepat penyembuhan bronkitis

  1. Berhenti Merokok

Hal yang terpenti yang harus dilakukan untuk menurunkan atau menyembuhkan bronkitis adalah dengan berhenti merokok. Selain itu, penting juga untuk mencoba menghindari asap rokok dan zat lain yang membuat iritasi pada paru-paru seperti debu, asap, uap dan polusi udara

  1. Gunakan Minyak Esensial Peppermint dan Eucalyptus

Peppermint akan memberikan sensasi dingin dan memiliki efek yang menenangkan pada tubuh. Selain itu, peppermint juga memiliki kandungan anti mikroba dan kemampuan untuk membersihkan saluran pernapasan. Untuk meredakan gejala bronkitis, coba hirup langsung minyak peppermint yanga ada dalam botol. Hal ini akan membantu memperlancar aliran udara dan meringankan tenggorokan yang sakit. Cara untuk memanfaatkan minyak peppermint untuk menyembuhkan bronkitis salah satunya adalah dengan menggunakan 2-3 tetes minyak peppermint ke area dada dan kompres dengan handuk hangat. Sedangkan eucalyptus (minyak kayu putih) adalah salah satu zat yang cukup efektif membantu menyembuhkan bronkitis. Memiliki kandungan utama seperti eucalyptus, dan cineole dapat mengurangi eksaserbasi dan sesak napas sekaligus memperbaiki fungs paru-paru.

Komentar