Cara Meningkatkan Massa Otot dengan Keto Diet

Cara Meningkatkan Massa Otot dengan Keto Diet

70
memuat...

Harianpost.co.idApakah anda penah terbayangkan jika anda bisa membangun massa oto dengan melakukan keto diet (diet rendah karbohidrat)? Mungkin selama ini sebagian orang berasumsi bahwa mengkonsumsi karbohidrat yang cukup merupakan bagian penting untuk menambbah massa oto. Alasannya adalah karbohirat dapat meningkatkan pelepasa insulin yang merupakan hormon anabolic yang mengantarkan energy ked lam sel-sel otot dan membantu otot untuk tumbuh. Pada awalnya, melakukan keto diet sempat diduga akan terjadi kehilangan massa otot yang signifikan karena tubuh akan menarik asam amino dari protein yang ada di otot untuk mempertahankan glukosa dalam aliran darah melalui proses glukoneogenesis.

Namun penelitian terbaru memperjelas bahwa hanya sedikit karbohidrat/glukosa yang benar-benar diperlukan untuk mendukung petumbuhan massa otot, bukan jumlah banyaknya karbohidrat tertentu seperti pendapat kebanyakan orang. Dan dengan mengkonsumsi kalori dan protein yang cukup akan menghasilakn glukosa yang cukup dalam jumlah kecil – dan dtambah dengan asam lemak – untuk memperkuat otot. Saat mulai melakukan keto diet, pada periode awal diet tubuh anda akan mengalami ‘keto-adapted’ yang berarti tubuh anda menggunakan lemak tubuh yang disimpan untuk dijadikan energy. Keto-adapted memungkinkan anda untuk mensintesis energy dari lemak dalam bentuk Adenosine Triphosphate (ATP), yag merupakan energy untuk otot, otak dan organ-organ penting lainnya. Melaukan keto diet juga dapat membanyu mencegah hilangnya massa otot sampai batas tertentu, karena dalam ketosis tubuh anda (termasuk otak yang memerlukan banyak energy) menggunakan keton yang berasal dari lemak untuk dijadikan energy lebih banyak dibanding menggunakan protein dari otot.

Beberapa hasil studi juga menyebutkan bahwa penurunan berat badan pada seseorang yang melakukan keto diet juga cenderung lebih cepat, konsisten karena sebagian besar lemak yang tersimpan dalam tubuh sudah berkurang dibandingkan dengan melakukan diet rendah kalori lainnya. Anda penasaran bagaimana diet keto dapat mengurangi lemak yang tersimpan dalam tubuh dan meningkatkan massa otot? Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba untuk meningkakan massa otot dengan melakukan diet keto.

Tips Meningkatkan Massa Otot dengan Melakukan Diet Keto

  1. Lakukan Diet Keto Secara Maksimal

Mungkin saat pertama kali melakukan diet keto tubuh anda akan mengalami perubahan metabolisme menjadi keto –adapted (fat-adapted), sehingga anda merasa mengalami penurunan kekuatan seperti lemas, dan tak jarang juga merasakan lesu. Tapi seiring berjalannya waktu, tubuh anda akan terbiasa menjadi ketosis dan memproduksi lebih banyak keton. Rasa lemah dan leso mungkin hanya bersifat sementara dan berlangsung sekitar 1-2 minggu. Jika anda sabar dan bisa menghilangkan gejala ‘fat-adapted’ yang mucnucl, anda akan bisa meningkatkan metabolisme tubuh anda dalam jangka panjang serta tubuh anda akan memiliki kemampuan utnuk menghasilkan dan menggunakan energy

  1. Lakukan Latihan Secara Teratur

Apa cara terbaik untuk meningkatkan massa otot pada diet keto? Banyak orang mungkin akan mengatakan bahwa latihan teratur adalah kuncinya. Hal ini memang benar. Melakukan latihan sambil menjalani diet keto kaan membantu membangun dan mempertahankan massa otot dalam tubuh. Dan pada saat yang sama, diet keto juga akan menghilangkan lemak yang tersimpan dalam tubuh. Lama dan jenis latihan terhantung pada tujuan anda. Tapi, secara umum anda sebaiknya melakukan 2-3 sesi latihan restensi per minggu selain latihan senam aerbik. Anda juga bisa melakukan latihan lain seperti weighted squats, bench presses, leg abductions, lat pull-downs, lunges, dan sebagainya

  1. Pastikan Asupan Kalori yang Dikonsumsi Cukup

Ketika membangun massa otot dengan diet keto, mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang cukup adalah kunci karena tubuh anda memerlukan kalori untuk menumbuhkan jarinan baru. Kekurangan asupan kalor terutama jika anda melakukan latihan yang keras akan dapat membuat anda mengalami kelelahan dan tubuh terasa lemas. Jika pertumbuhan massa otot adalah tujuan utama anda, pastikan anda menkonsumsi pada atau diatas “maintenance calories” yang anda terapkan. Usahakan mengkonsumsi sekitar 200-500 kalori ekstra per hari dan usahakan untuk mengkonsumsi lemak yang sehat dan protein untuk kalori ekstra ini

  1. Konsumsi Sedikit Karbohidrat dan Protein yang Cukup

Karena keto diet sedikit berbeda dibandingkan dengan jenis diet lainnya, sebaiknya anda mengurangi jumlah karbohidrat dan meningkatkan jumlah konsumsi protein. Hal ini dikarekan, pada diet keto saat tidak tersedia karbohidrat dalam tubuh, tubuh anda akan mempertahankan diri dengan menciptakan glukosa dari precursor non karbohidrat seperti lemak dan protein. Asupan protein yang dianjurkan pada diet ket adalah 1-1.5 gram per kilogram berat badan ideal

Komentar