Cara Sedehana Mengatasi Morning Sickness

Cara Sedehana Mengatasi Morning Sickness

72
memuat...

Harianpost.co.idMual saat hamil – atau lebih dikenal dengan morning sickness – adalah gejala umum yang banyak dialami oleh ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Mengalami mual di pagi hari saat hamil mungkin adalah hal yang mengganggu. Namun menurut penelitian, morning sickness memiliki efek positif pada kehamilan dan dikaitkan dengan keadaan ibu dan bayi yang sehat setelah persalinan. Ibu hamil yang mengalami morning sickness di pagi memiliki resiko lebih rendah untuk mengalami keguguran, bayi lahir premature atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

Adakah cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan morning sickness? Beberapa cara untuk membantu mengatasi dan mengobati mual atau masalah penceraan lainnya secara umum adalah dengan makan secara teratur sepanjang hari. Anda juga bisa menggunakan bahan alami, seperti minyak esensial dan melakukan olahraga.

Gejala Morning Sickness

Morning sickness biasanya terjadi pada trimester pertama saat kehamilan (sekitar minggu ke-1 hingga 12) yang juga menyebabkan munculnya berbagai gejala yang tidak diinginkan lainnya seperti kehilangan nafsu makan dan selalu merasa mual hingga terasa akan muntah. Bagi sebagian ibu hamil, morning sickness sebenarnya tak hanya terasa pada pagi hari, mungkin saat siang hari atau bahkan sepanjang hari. Secara umum, beberapa gejala dari morning sickness diantaranya:

  • Merasa mual/ muntah (biasa terjadi setelah bangun tidur saat pagi hari. Yang paling parah juga terasa sepanjang hari)
  • Nafsu makan menurun
  • Mengalami kram perut
  • Pada saat yang sama, muncul gejala lain seperti sakit kepala, terasa lelah, penurunan berat badan, dan pusing

Berapa lama morning sickness terjadi? Sebagian besar wanita hamil (tetapi tidak semuanya) tidak lagi merasakan morning sickness setelah kehamilan memasuki usia 14-16 minggu. Morning sickness biasanya selalu dialami saat kehamilan pertama. Morning sickness juga bukanlah sebuah pertanda yang buruk. Tapi faktanya, ternyata beberapa wanita tidak merasakan morning sickness selama memasuki masa kehamilan hingga melahirkan.

Penyebab Morning Sickness

Para peneliti mengungkapkan bahwa morning sickness sebagian besar dipicu oleh perubahan kadar hormone, terutama meningkatnya kadar HCG dan estrogen. Fluktuasi hormone ini memang normal terjadi dan memiliki pengaruh yang berbeda pada setiap wanita. Beberapa faktor yang mempengaruhi morning sickness saat hamil yakni:

  • Hamil saat usia muda – bagi wanita yang masih berusia muda saat hamil memiliki tingkat morning sickness yang lebih tinggi selama kehamilan
  • Obesitas
  • Kehamilan pertama
  • Mengandung bayi kembar
  • Faktor genetik. Menurut penelitian, wanita yang berasal dari negara-negara barat lebih jarang mengalami morning sickness dibandingkan wanita yang berasal dari negara Timur Tengah
  • Memiliki masalah dengan kesehatan pencernaan, mengalami mabuk saat perjalanan, sakit kepala, migraine hingga pusing
  • Pernah menggunakan alat kontrasepsi oral yang mengandung estrogen (pil KB)

Cara Mengatasi Morning Sickness

Saat mengalami morning sickness, tak perlu pank hingga mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Anda bisa mencoba beberapa jenis makanan berikut untuk mengurangi rasa mual pada trimester pertama kehamilan.

  1. Jahe telah lama dimanfaat untuk mengatasi rasa mual sejak lama. Anda bisa mengkonsumsi jahe dengan yang dicampurkan dalam teh untuk mengurangi rasa mual atau menambahkannya sebagai bumbu masakan
  2. Konsumsi semua jenis sayuran. Mengkonsumsi segala jenis sayuran akan memberikan asupan nutrisi untuk anda dan bayi anda. Sebaiknya konsumsi semua jenis sayuran yang bisa anda konsumsi, karena hampir semua sayuran mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Anda juga sebaiknya banyak mengkonsumsi sayuran yang memiliki tinggi kandungan pati seperti kentang, lobak dan labu kuning. Sayuran tersebut memiliki kanudngan serat yang tinggi sehingga akan memberikan asupan energy dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, ketiga sayuran tersebut merupakan beberapa jenis sayuran yang mudah dicerna
  3. Buah segar. buah segar akan memberikan asupan nutrisi vitamin dan mineral yang cukup. Selain itu, buah-buah juga akan membantu menghidrasi tubuh. Beberapa jenis buah yang cocok dikonsumsi saat mengalami morning sickness diantaranya; berry-brryan, kiwi, apel, jeruk, melon, dsb
  4. Sup dan bone broth. Sup dan kaldu daging atau kaldu tulang akan memberikan asupan nutrisi penting seperti kolagen dan elektrolit yang dapat membuat anda tetap terhidrasi
  5. Konsumsi lemak sehat. mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat sangat penting agar anda dan bayi anda tidak mengalami obesitas. Beberapa bahan makanan yang mengandung lemak sehat yang mudah diverna diantaranya adalah kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun dan minyak kelapa

Selain mejaga asupan makanan, beberapa tips lain yang bisa anda coba lakukan untuk mengurangi morning sicknes misalnya:

  • Jangan lewatkan sarapan. Jika tidak nafsu untuk mengkonsumsi sarapan, mengkonsumsi roti bakar sepertinya cukup untuk membuat anda tidak lemah
  • Sebaiknya makan dengan jumlah sedikit sesering mungkin sepanjang hari. Hal ini jauh lebih baik dibandingkan makan dalam porsi besar namun jarang
  • Anda bisa mengkonsumsi camilan sekitar 3-4 jam sekali
  • Minum air putih yang cukup. Anda juga bisa mengkonsumsi teh herbal yang aman untuk wanita hamil

Komentar