Cara Mudah yang Perlu Dicoba untuk Mengatasi Sembelit

Cara Mudah yang Perlu Dicoba untuk Mengatasi Sembelit

5
memuat...

Harianpost.co.id – Sering mengalami sembelit? Mungkin anda telah mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat, tapi cara ini tidak selalu berhasil. Tenang saja, masih ada cara yang aman untuk mengatasi sembelit yang bisa anda coba. Pernah mendengar ‘salt water flush (membersihkan dengan air garam)’? Ketika makanan tinggi serat tidak berhasil mengatasi gangguan sembelit, anda bisa mencoba salt water flush yang memang memiliki prinsip dapat membantu anda membersihkan usus besar dan sistem pencernaan dengan memaksa pergerakan di usus.

Bagian terpenting dari salt water flush adalah garam karena memang diperlukan pada banyak proses biokimia. Metode salt water flush menjadi populer selama satu decade terakhir sebagai cara ampuh membantu membersihkan sistem pencernaan. Meminm campuran air dan garam akan memicu detoksifikasi alami dan pembuangan limbah dalam tubuh, membantu mengembalikan sistem pencenaan normal kembali dan memberikan sensasi lebih ringan.

Salt water flush paling efektif jika dilakukan pada saat pagi hari saat perut masih kosong. Jika anda tidak bisa melakukannya di pagi hari, anda bisa melakukannya kapan saja dan pastikan anda belum mengkonsumsi apapun dalam 1-2 jam terakhir. Ingin mencoba salt water flush? Anda bisa melakukannya di rumah dengan bahan-bahan seperti berikut:

  • 2 sdt sea salt
  • 1 liter air panas (jangan sampai mendidih)
  • 2 sdm air perasan lemon segar atau 1 cup air lemon

Pastikan garam yang anda gunakan untuk salt water flush adalah garam murni dan tidak mengandung yodium. Untuk membuat salt water flush, gunakan botol yang terbuat dari kaca yang ada tutupnya. Masukkan sea salt (garam murni), air panas dan air perasan lemon (untuk mengurangi rasa asin garam). Kocok secara kuat untuk membuat garam larut dalam air. Pastikan tidak ada butiran garam yang terlihat atau mengendap di bagian bawah botol (jika garam belum larut).

Salt water flush siap untuk diminum. Minumlah campuran tersebut secara cepat, usahakan bisa menghabiskan campuran tersebut hanya dalam beberapa menit. Karena memang rasanya kurang enak (sangat asin), mungkin hal ini akan membantu anda meminumnya secepat mungkin. Setelah menghabiskan campuran air garam tersebut, anda bisa berbaring miring sambil memijat secara perlahan perut anda di salah satu sisi dan lakukan hal yang sama pada sisi lainnya.

Dalam waktu yang singkat setelah anda menghabiskan campuran tersebut, anda akan mulai merasakan buang air. Saat anda tidak tahan lagi, segeralah perg ke kamar mandi. Jika anda harus bolak-balik ke kamar mandi lebih dari dua kali, hal tersebut wajar karena terkadang jika mengalami sembelit parah, anda bisa menggunakan kamar mandi selama beberapa jam untuk mengeluarkan kotoran pada usus besar dan sistem pencernaan anda.

Setelah selesai mengatasi gangguan sembelit dan membersihkan usus besar anda, anda bisa mengkosumsi suplemen probiotik dan mengkonsumsi makanan yang sehat yang dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri sehat dalam usus (mikrobioma) dan mengkonsumsi elektrolit serta nutrisi alami lainnya. Mungkin salt water flush memang susah untuk dilakukan karena rasanya yang kurang enak. Tapi cara ini cukup efektif dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya karena salt water flush yang anda buat tidak ditambahkan dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Bagaimana tertarik mencobanya untuk mengatasi gangguan sembelit yang kadang anda alami? Selamat mencobaa!

Komentar