Tips Melakukan Perawatan Wajah dengan Menggunakan Witch Hazel

Tips Melakukan Perawatan Wajah dengan Menggunakan Witch Hazel

81
memuat...

Harianpost.co.id – Witch Hazel (Hamamelis virgiana) adalah tanaman asli dari Amerika Utara yang termasuk ke dalam famili Hamamelidaceae. Bagian-bagian dari taaman ini, seperti kulit dan daunnya dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit terutama bagian wajah karena secara alami dapat digunakan untuk mengurangi munculnya jerawat, luka melepuh, gigitan serangga, peradangan dan masih banyak lagi.

Saat ini banyak sekali produk-produk perawatan kulit komersial seperti serum ati aging, shaving dan aftershave cream, sampo dan beberapa produk lainnya yang menggunakan witch hazel sebagai bahan dasar karena kadnungan sifat antioksidan dan astringennya yang kuat dan sempurna untuk membunuh bakteri yang hidup di dalam pori-pori kulit, menghentikan kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker kulir, mencegah tanda-tanda penuaan dan mempercepat penyembuhan saat kulit terluka.

Tapi Bagaimana Witch Hazel Bisa Bekerja?

Kulit kayu, ranting dan daun tanaman witch hazel mengandung bahan aktif seperti polifenol dan tannin. Kedua bahan aktif tersebut kemudian ditambahkan dengan alkohol atauu air untuk membuat witch hazel water, Hamamelis water atau ekstrak witch hazel seperti yang banyak dijual. Ekstrak ini dapat digunakan secara topikal (dioleskan pada permukaan kulit) atau dikonsumsi yang dapat digunakan untuk membantu menghentikan gejala diare, flu, muntah, batuk dan masih banyak lagi.

Kandungan tannin dalam witch hazel merupakan zat alami yang dapat mengeluarkan minyak berlebih dalam kulit. Oleh karena itu, witch hael dapat digunakan sebagai salah satu bahan perawatan alami untuk mengatasi jerawat yang bisa digunakan dalam bentuk gel, face wash, dan produk perawatan lainnya yang tidak memerlukan resep dokter. Selain tannin, witch hazel juga mengandung banyak senyawa yang disebut dengan ‘gallate esters’yang mencakup proanthocyanidns yang merupakan tannin yang dapat terhidrolisis dan metil galat. Ekstrak witch hazel juga dianggap sebagai polifenol dan terbukti dapat membantu menghambat poliferasi sel dalam sel kanker manusia.

Karena kandungan antioksidan alami dan anti inflamasinya, witch hazel dapat membantu melindungi kerusakan DNA dan pertumbuhan tumor. Stress oksidatif dan kerusakan terjadi akibat radikal bebas yang menumpuk akibat paaran sinar UV, polusi, pola makan yang buruk, stress dan sebagainya. Sehingga witch hazel dapat membantu mengobati dan mencegah terjadi penuaan dini, jerawat, luka pada kulit, memar, bengkak, eksim, kulit berminyak, keringat berlebih, gigitan serangga, kulit melepuh, iritasi kulit kepala dan masih banyak lainnya.

Tips Mengatasi Jerawat di Wajah Menggunakan Witch Hazel

Sebagai obat alami untuk jerawat, mengoleskan witch hazel pada kulit yang rawan megalami jerawat dapat membantu memperlambat peradangan dan bahkan pendarahan. Sebagai zat pembersih alami, witch ahzel mampu mengurangi pertumbhan bakteri pada kulit dan mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhka infeksi. Anda memiliki kulit yang sensitive? Mengoleskan witch hazel dapat mengurangi atau mengecilkan pori-pori kulit wajah yang terlihat dan dapat menghentikan produksi minyak berlebih, keringat dan komedo yang dapat berkontribusi dalam munculnya jerawat.

Anda bisa mengoleskan witch hazel pada kulit dengan menggunakan kapas bersih beberapa kali sehari saat anda mulai merasa mengalami iritasi. Biarkan dan berikan waktu untuk kulit agar dapat menyesuaikan. Anda bisa mengkombinasikan witch hazel dengan bahan lain yang memiliki kandungan anti baketri seperti tea tree oil, minyak kelapa atau cuka apel.

Cara Mengurangi Tanda Penuaan akibat Paparan Sinar Matahari dengan Witch Hazel

Jika anda mencari cara alami untuk membuat kulit kencang dan memperlambat tanda-tanda penuaan seperti bekas luka, kulit wajah kemerahan, perubahan warna, dan pembengkakan di sekitar mata, maka witch hazel adalah bahan yang tepat. Witch hazel dapat mengencangkan kulit dan melindungi kulit dari kanker kulit, melanoma dan penyakit lain yang disebabkan oleh sinar UV karena kandungan antioksidannya yang tinggi seperti tannin dan polifenol. Seyawa aktif tersebut dapat menghambat poliferasi sel melanoma dan membantu melindungi sel-sel kulit yang sehat.

Witch hazel juga telah terbukti dapat membantu melindungi kolagen danelastisitas kulit seperti halnya pada banyak produk kecantikan komersial. Anda dapat mencampurkan witch ahzel dengan minyak vitamin E dan bahan-bahan alami lainnya untuk membuat serum anti aging. Oleskan pada kulit yang mengalami perubahan warna, memar, bekas jerawat dan gigitan serangga untuk mengembalikan kulit seperti semula dan memudarkan bekas luka. sifat anti inflamasi dan kandungan antioksidan sangat bagus untuk menjaga elstisitas kuli, mempertahankan warna kulit wajah dan membantu mengatasi gangguan lain akibat paparan zat yang berbahaya. Anda juga bisa mengoleskan witch hazelke area sekita mata sebelum tidur untuk mengurangi bengkak dan lingkaran hitam pada mata. Selain itu, untuk mencegah munculnya varises anda bisa menuangkan sedikit witch hazel ke kain dan gosokkan ke bagian kulit yang terlihat memar dan urat terlihat mulai muncul ke permukaan kulit.

Komentar